< Kembali

Instalasi Rawat Darurat


instalasi rawat darurat

Instalasi Rawat Darurat RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan merupakan pusat layanan yang disediakan untuk memberikan penanganan kebutuhan pasien dalam kondisi gawat darurat secara cepat, tepat, akurat, efektif dan efisien selama 24 jam sehari.

Instalasi Rawat Darurat RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dilengkapi dengan fasilitas pelayanan, diantaranya :

  1. emergency 24 jam

         a.instalasi rawat darurat memiliki unit tempat tidur dan didukung oleh sdm dengan berbagai kualifikasi kegawatdaruratan atls, acls, dokter umum,                      dokter spesialis dan dokter spesialis konsultan. pelayanan dan konsultasi diberikan secara langsung oleh tim dokter jaga dan perawat yang bertugas.           b. fasilitas dan peralatan untuk penanganan kegawatdaruratan dengan sistem triage (seleksi berdasar prioritas kegawatdaruratan kondisi pasien)

-       immediate (merah) diperuntukkan bagi pasien yang bila tidak diberikan penanganan darurat dengan cepat maka pasien akan meninggal.

-     urgent (kuning) diperuntukkan bagi pasien dengan kegawatan yang tidak mengancam nyawa (pasien yang memerlukan perawatan segera                     namun masih dapat ditunda karena masih dalam kondisi stabil).

-       non urgent (hijau) diperuntukkan bagi pasien tidak dalam kondisi gawat darurat dan dapat ditunda (kasus ringan).

-       tanda hitam berarti pasien sudah tidak dapat ditoling dan usia harapan hidup sangat tipis.

c. pemeriksaan, pengobatan, tindakan medis sesuai dengan kebutuhan dijalankan oleh tim yang kompeten dibidangnya terdiri dari dokter jaga dan perawat terlatih.

d. Pelayanan rujukan rawat inap

e. Pemberian obat

  1. Pelayanan kamar operasi
  2. Pelayanan penunjang
    1. laboratorium
    2. radiologi
    3. farmasi
    4. ambulance
    5. pendaftaran
    6. kasir

Instalasi rawat darurat rsud dr. kanujoso djatiwibowo balikpapan terus mengupayakan efisiensi dan efektifitas pelayanan dengan upaya menyelamatkan sebanyak-banyaknya dalam waktu sesingkat mungkin pada kondisi kegawatdaruratan medis secara optimal, cepat, tepat dan terpadu sehingga mampu mencegah resiko kecacatan dan kematian. upaya-upaya ini tentunya untuk mendukung program pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan paripurna kepada masyarakat pengguna jasa layanan.


2022-04-23 12:12:25